Senin, 22 April 2013

Teori Simpul



Simpul 1 (sumbernya)
Pengamatan, pengukuran dan pengenalian sumber pencemar seperti emisi kendaraan bermotor, sumber penyakit, dll.

Simpul 2 (media lingkungan)
Media lingkungan dapat berupa pencemaran pada udara, air, tanah.

Simpul 3 (tubuh manusia)
Yaitu pemeriksaan terhadap tubuh manusia yang terpajan, pemeriksaan yang biasa dilakukan adalah darah, urine, rambut, lemak, jaringan dan sputum.

Simpul 4 (dampak kesehatan)
Dampak kesehatan yang terjadi pada manusi seperti keracunan, kanker paru-paru, kanker kulit, serta penderita penyakit menular.

Masing-masing mahasiswa wajib memberikan komentar pada materi dibawah ini

62 komentar:

  1. Dengan mempelajari matrikulasi keshling kita bisa mengKoreksi, memperkecil atau memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia
    dan kita bisa mengetahui cara Pencegahan,mengefisienkan pengaturan sumber-sumber lingkungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia serta untuk menghindarkan dari bahaya

    BalasHapus
  2. Dari Materi Matrikulasi diatas tentang Dasar Konsep Kesehatan Lingkungan, Ruang Lingkup dan Tujuan Sanitasi, Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul ternyata Keadaan Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mendukung Faktor Kesehatan dan kesejahteraan pada kelompok masyarakat/ individu. Bila Keadaan sanitasi suatu daerah buruk maka dapat dipastikan keadaan kesehatan daerah tersebut mudah terserang penyakit bahkan bisa menjadi wabah.
    Menurut teori simpul diatas Masing-masing komponen harus saling mendukung agar terjadi keseimbangan sehingga masyarakat yang berada didaerah tersebut dapat terjamin kesehatannya.
    Dengan Kata lain Sanitasi merupakan hal yang sangat kompleks untuk menjamin keadaan masyarakat agar kesehatannya tetap terjaga. Jadi Prinsip Sanitasi merupakan Upaya Preventif yang mengupayakan bagaimana mencegah orang/mayarakat agar tidak sakit dengan melakukan Promotif.

    Yang ingin saya tanyakan pada Ibu Dina Yaitu
    Pengawasan Lingkungan ada 5 Prinsip : Isolation, Subtitution, Shielding, Treatment (Removal, Destruction, Inhibition, Convertion), dan Prevention. Apa pengertian dari masing-masing istilah diatas berikut contohnya ? ditunggu konfirmasinya ya Bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju saya juga mempertanyakan hal yang sama bu dina, mohon dijelaskan 5 Prinsip pengawasan lingkungan....

      Hapus
  3. setelah mempelajari materi matrikulasi diatas..lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia yang dapat digambarkan dari teori simpul,dari sumbernya,media lingkungan,tubuh manusia,dampak kesehatan,,jika keadaan sanitasi suatu wilayah buruk maka kondisi kesehatan wilayah tersebut mudah terserang penyakit. untuk itu penting sekali dilakukan upaya preventif dan promotif tidak sebatas kuratifnya saja. agar masyarakat mengerti bagaimana menjaga sanitasi di wilayahnya.

    BalasHapus
  4. Dengan mempelajari matrikulasi keshling kita bisa mengKoreksi akan kurangnya perhatian terhadap kesling itu sendiri serta Keadaan Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mendukung Faktor Kesehatan dan kesejahteraan pada kelompok masyarakat/ individu. memperkecil dampak yang terjadinya akan bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.

    dalam artian apabila kita membiarkan lingkungan yang tercemar atau keadaanya buruk akan mudah mengakibatkan timbulnya wabah, misalnya DBD,Malaria, Keracunan dll,..

    Seperti halnya pada teori simpul yang menerangkan bahwa setiap komponen yang ada di lingkungan saling berkaitan sehingga sangatlah penting untuk kita perhatikan agar derajat kesehatan kita meningkat.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr.Wb
    Pada matrikulasi malam ini saya ingin bertanya pada topic yang kedua bu, yaitu tentang hubungan lingkungan dengan kesehatan. Pada topic tersebut dijelaskan bahwa Sehat pada dasarnya adalah gambaran keadaan keseimbangan dari berbagai faktor sedangkan penyakit timbul apabila terjadi gangguan dari keseimbangan faktor tersebut.
    Ada tiga factor yang berperan sehingga menimbulkan penyakit, factor itu adalah :
    1. Agent sifat pembawaan agent menyebabkan penyakit pada manusia
    2. Penjamu (tuan rumah) manusia yg dihinggapi penyakit
    3. Lingkungan
    Yang ingin saya tanyakan pada factor lingkungan menurut Dr.Indan Entjang ada lingkungan social yang mencakup tingkah laku, kepandaian dan adat istiadat, apakah lingkungan social ini khususnya kepandaian dan adat istiadat juga berpengaruh besar dalam keseimbangan factor yang menimbulkan penyakit bu.

    BalasHapus
  6. Setelah saya membaca materi tentang kesehatan lingkungan tersebut saya membaca tujuan dari kesehatan lingkungan yaitu:
    1. melakukan koreksi, memperkecil atau memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan dan kesejahteraaan hidup manusia.
    2. pencegahan, mengefisienkan pengaturan sumber-sumber lingkungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia serta untuk menghindarkan dari bahaya.

    ada pernyataan diatas yang ingin saya tanyakan bu:
    terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan serta untuk menghindarkan dari bahaya, maksudnya bahaya seperti apa ya bu..???
    mohon penjelasannya, terimaksih..

    BalasHapus
  7. Sangat penting memahami dan mengaplikasikan ilmu kesehatan lingkungan, karena lingkungan memiliki peran dalam timbulnya gangguan kesehatan yaitu peran agent, reservoir, vector, host, dan medium transmisi.

    Sebagai mahkluk sosial kita harus mengetahui sejauh mana pentingnya kesehatan lingkungan. Selain itu kita juga sebaiknya mengetahui yang termasuk ruang lingkup dari kesehatan bagi lingkungan. Seperti penyediaan air minum, pengelolaan air buangan dan pengendalian pencemaran, pembuangan sampah padat, pengendalian vektor, pengendalian radiasi, kesehatan kerja, pemukiman, pencegahan kecelakaan serta masih banyak lagi yang menjadi target lingkup kesehatan. Di negara kita sendiri untuk kesehatan lingkungan sudah jelas diterangkan dalam pasal 22 ayat (3) UU No.23 tahun 1992 dan ruang lingkupnya terdiri atas penyehatan air dan udara, pengamanan limbah padat, pengamanan limbah cair, pengamanan limbah gas, pengamanan radiasi, kebisingan, vektor penyakit dan keadaan cuaca pasca bencana yang erat kaitannya dengan teori simpul yang telah ibu jelaskan.

    BalasHapus
  8. Dari Materi Matrikulasi diatas tentang Dasar Konsep Kesehatan Lingkungan, Ruang Lingkup dan Tujuan Sanitasi, Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul, ternyata lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Keadaan Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mendukung Faktor Kesehatan manusia sebagai penjamu dan sebaliknya apabila Keadaan sanitasi suatu daerah buruk maka dapat dipastikan keadaan kesehatan daerah tersebut mudah terserang penyakit bahkan bisa menjadi wabah. Di dalam teori simpul dijelaskan bahwa ada 4 simpul yang saling keterkaitan hingga menimbulkan penyakit, dari simpul sumbernya, simpul media lingkungan, simpul tubuh manusia,simpul dampak kesehatan.
    Untuk itu perlu diberikan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar kita semua terhindar dari penyakit yang bersumber dari lingkungan.

    BalasHapus
  9. Setelah mempelajari matrikulasi kesling diatas dapat disimpulkan bahwa kesling menempatkan diri pd keseimbangan ekologis berusaha menjalin suatu keseimbangan interaksi manusia dgn lingkungan pd taraf optimal dan batas2 tertentu untuk menjamin kehidupan yang tetap sehat. Adapun menurut sifat kegnya kesling merupakan keg preventif atau promotif. Diharapkan kesling dapat memperkecil/ memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan thd kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia, pencegahan mengefisienkan pengaturan sumber2 lingkungan unt meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia serta unt menghindarkan dari bahaya. Teori simpul juga menjelaskan gambaran patogenesis penyakit yang saling berkaitan.

    BalasHapus
  10. Kesling mnrt WHO : Suatu keseimbangan ekologis yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia,dan jika dikaitkan dengan teori simpul simpul maka media lingkungan sangat besar sekali dampaknya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan pencemaran udara,air dan tanah dimana ketiga unsur tersebut sangat penting dlm khdpan manusia

    BalasHapus
  11. Setelah membaca materi yang ibu berikan,sy br mengetahui bahwa ternyata manusia merupakan bagian dari pengertian lingkungan itu sendiri,semula sy fikir lingkungan adalah hal2 yang berada di luar tubuh manusia,seperti lingkungan sekitar,dan ternyata dari teori simpul patogenesis penyakit,faktor lingkungan dan penduduk/manusia mempunyai hubungan timbal balik/saling memepengaruhi untuk terjadinya suatu kondisi sehat atau sakit.

    BalasHapus
  12. Setelah saya membaca isi materi kesehatan lingkungan ini, pendapat saya, bahwa kesehatan itu tidak terlepas dan sangat erat hubungannya dengan lingkungan. Lingkungan yang sehat akan berdampak baik pula untuk kesehatan, Jadi sejak dini kita arus membiasakan menjaga lingkungan agar tetap sehat.

    Sebagaimana telah dijelaskan di dalam materi di atas, bahwa secara konsepsional kesehatan lingkungan bagian dari ilmu kesehatan masyarakat Kita sebagai calon-calon ahli kesehatan masyarakat berpran melakukan koreksi, memperkecil dan memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan manusia. Tentunya hal ini tidak hanya kita, tetapi perlu juga peran serta dan partisipasi masyarakat.

    BalasHapus
  13. asalamualaikum bun dina, terimakasih sebelumnya sudah memberikan materi kesling ini, kesimpulan saya kesling merupakan tindakan preventif yang dapat memperkecil atau memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia, pencegahan mengefisienkan pengaturan sumber lingkungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia serta untuk menghindarkan dari bahaya. Dan dari teori simpul diatas dapat terlihat saling berhubungan atw berkaitan dari simpul sumbernya, simpul media lingkungan, simpul tubuh manusia,simpul dampak kesehatan.

    BalasHapus
  14. setelah membaca materi diatas, saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang ruang lingkup kesehatan lingkungan menurut WHO khususnya PENGENDALIAN RADIASI, karena kebetulan saya adalah seorang radiografer yang memang bekerja di ruang lingkup tersebut.

    lebih jauh saya meminta penjelasan dari ibu Dina tentang pengelolaan limbah radiologi, di satu sisi kita di tuntut untuk menjaga kesehatan lingkungan radiasi (pengelolaan limbah radiologi), namun di sisi lain kita terbentur dengan peraturan perizinan pengelolaan yang tidak di perbolehkan oleh pekerja radiasi.

    lalu langkah apa yang harus kita ambil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan pengelolaan limbah radioaktif adalah menangani limbah radioaktif dengan
      suatu cara sehingga melindungi kesehatan manusia dan lingkungan untuk generasi
      sekarang dan yang akan datang tanpa membebani masalah bagi generasi yang akan datang. Dilihat dari tujuan tersebut tentulah peran kita sebagai public health sangat dibutuhkan bagaimana kita bisa melakukan suatu upaya untuk dapat mengatasi bahaya akibat dari faktor radiasi

      kadang peraturan yang ada membuat kita sulit untuk melakukan sesuatu yang seharusnya dapat kita lakukan oleh sebab itu tetap perhatikan Standar Operasional prosedur yang ada

      Hapus
  15. Maaf ibu,saya ingin bertanya bagaimana cara kita untuk bisa merubah suatu kebiasaan penduduk yang berprilaku kurang baik untuk kesehatan,terutama perilaku yang berkaitan dengan adat istiadat

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbk eka... untuk merubah perilaku atau kebiasaan penduduk bukanlah hal yang mudah apalagi terkait dengan adat istiadat dalam masyarakat.

      Secara teori, kalau mau merubah perilaku yang ada kaitannya dengan adat istiadat cari key person pemegang adat..lakukan intervensi kepada mereka. Contoh key person yaitu kepala adat, kepala suku, tokoh masyarakat dimana mereka ini mempunyai pengaruh untuk merubah perilaku masyarakatnya.

      Hapus
  16. Setelah saya membaca materi tentang kesehatan lingkungan,memahami dan mengaplikasikan ilmu kesehatan lingkungan,lingkungan memiliki peran timbulnya gangguan kesehatan, menurut sifat kegnya kesling merupakan keg preventif atau promotif.Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul, ternyata lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Keadaan Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mendukung Faktor Kesehatan manusia.

    BalasHapus
  17. Dengan mempelajari materi matrikulasi keshling di atas tentang dasar konsep lingkungan dan kesehatan dan di gambarkan pada teori simpul ternyata keadaan lingkungan yang bersih dan sehat sangat mempengaruhi kesehatan masyarakat atau individu. jika keadaan sanitasi buruk bisa dipastikan kesehatan di suatu daerah mudah terserang penyakit. untuk itu perlu dilakukan upaya preventif dan promotif. Pada teori simpul di atas masing masing komponen menggambarkan patogenesis penyakit yang saling berkaitan.

    BalasHapus
  18. Dari materi yang dijelaskan tersebut saya dapat menarik kesimpulan bahwa dasar konsep kesehatan lingkungan mempelajari tentang sangat besarnya pengaruh lingkungan terhadap kesehatan manusia dan juga sebaliknya bahwa prilaku manusia juga sangat mempengaruhi lingkungan.Lingkungan dan manusia sama sama saling mempengaruhi.

    Saya mencoba menjelaskan gambar teori simpul dapat dilihat bahwa sumber penyakit dapat mempengaruhi komponen lingkungan, sedangkan komponen lingkungan mempengaruhi penduduk, penduduk juga sebaliknya bisa berpengaruh terhadap komponen lingkungan sehingga menghasilkan sebuah keadaan sehat ataupun sakit..Namun di sini saya belum jelas tentang variabel yg berpengaruh dan media transmisi. Mohon penjelasannya buk,,,

    BalasHapus
  19. Setelah membaca materi ini kesimpulan saya tentang Kesling yaitu kesehatan lingkungan menempatkan diri pada keseimbangan ekologis berusaha menjalin suatu keseimbangan interaksi manusia dg lingkungan pd taraf optimal&batas-batas tertentu utk menjamin kehidupan yang tetap sehat.jd lingkungan sangat berpengaruh pd kesehatan pd umunya,untuk itu sebagain tindkan preventif hal paling utama yg hrs kita perhatikan mulai dr lingkungan.

    BalasHapus
  20. Ass.. Bu dari teori Simpul di atas...apakah setiap langkah harus kita gunakan secara berurutan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teori simpul dapat digunakan dalam upaya pengendalian penyakit berbasis lingkungan, maka perlu diketahui perjalanan penyakit atau patogenesis penyakit
      Simpul 1: Sumber Penyakit

      Sumber penyakit adalah sesuatu yang secara konstan mengeluarkan agent penyakit. Agent penyakit merupakan komponen lingkungan yang dapat menimbulkan gangguan penyakit baik melalui kontak secara langsung maupun melalui perantara.

      Beberapa contoh agent penyakit:

      Agent Biologis: Bakteri, Virus, Jamur, Protozoa, Amoeba, dll

      Agent Kimia : Logam berat (Pb, Hg), air pollutants (Irritant: O3, N2O, SO2, Asphyxiant: CH4, CO), Debu dan seratt (Asbestos, silicon), Pestisida, dll

      Agent Fisika : Radiasi, Suhu, Kebisingan, Pencahayaan, dll

      Simpul 2: Komponen Lingkungan Sebagai Media Transmisi,

      Komponen lingkungan berperan dalam patogenesis penyakit, karna dapat memindahkan agent penyakit. Komponen lingkungan yang lazim dikena sebagai media transmisi adalah:

      - Udara

      - Air

      - Makanan

      - Binatang

      - Manusia / secara langsung

      Simpul 3: Penduduk

      Komponen penduduk yang berperan dalam patogenesis penyakit antara lain:

      - Perilaku, Status gizi, Pengetahuan dll

      Hapus
  21. Dari Materi Matrikulasi diatas tentang Dasar Konsep Kesehatan Lingkungan, Ruang Lingkup dan Tujuan Sanitasi, Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul ternyata Keadaan Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mendukung Faktor Kesehatan dan kesejahteraan pada kelompok masyarakat/ individu. Bila Keadaan sanitasi suatu daerah buruk maka dapat dipastikan keadaan kesehatan daerah tersebut mudah terserang penyakit bahkan bisa menjadi wabah.
    Menurut teori simpul diatas Masing-masing komponen harus saling mendukung agar terjadi keseimbangan sehingga masyarakat yang berada didaerah tersebut dapat terjamin kesehatannya.
    Dengan Kata lain Sanitasi merupakan hal yang sangat kompleks untuk menjamin keadaan masyarakat agar kesehatannya tetap terjaga. Jadi Prinsip Sanitasi merupakan Upaya Preventif yang mengupayakan bagaimana mencegah orang/mayarakat agar tidak sakit dengan melakukan Promotif.

    Yang ingin saya tanyakan pada Ibu Dina Yaitu
    Pengawasan Lingkungan ada 5 Prinsip : Isolation, Subtitution, Shielding, Treatment (Removal, Destruction, Inhibition, Convertion), dan Prevention. Apa pengertian dari masing-masing istilah diatas berikut contohnya ? makasih sebelumnya ya Bu...

    BalasHapus
  22. Pada saat kapan teori simpul ini digunakan Bu??..

    BalasHapus
  23. Dari materi matrikulasi dasar kesehatan lingkungan diatas menurut pendapat saya lingkungan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan masyarakat. sebagian besar gangguan kesehatan disebabkan kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat. Pengaruh lingkungan terhadap kesehatan mengakibatkan gangguan kesehatan yang bersifat segera dan bersifat lambat atau akumulatif.
    tentang teori simpul diatas maka saya berpendapat bahwa
    Simpul 1 : pengamatan yang dilakukan berfokus pada titik sumbernya.
    Simpul 2 : Pengamatan yang dilakukan atas dasar bahan pencemarnya, informasinya lebih mendekati potensi bahaya yan sesungguhnya dibanding simpul 1.
    Simpul 3 : Pengamatan atau pengukuran terhadap proses interaksi bahan pecemar pada tubuh manusia.
    Simpul 4 : Pengamatan atau pengukuran terhadap angka kesakitan dari penyakit yang diperkirakan ada kaitannya dengan dampak pencemaran yang dituju.
    Dengan melakukan pengawasan lingkungan maka akan dapat mencegah penyakit - penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan.

    BalasHapus
  24. Kesehatan lingkungan merupakan suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dengan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.
    Kita sebagai ahli kesehatan masyarakat wajib untuk memahami dan mengaplikasikan ilmu kesehatan lingkungan, karena lingkungan memiliki peran dalam timbulnya gangguan kesehatan yaitu peran agent, reservoir, vector, host, dan medium transmisi.
    Untuk itu tugas kita adalah dengan memberikan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar kita semua terhindar dari penyakit yang bersumber dari lingkungan.

    Yang saya tanyakan bu, kapan kita menggunakan teori simpul tersebut?

    BalasHapus
  25. Setelah mempelajari materi diatas dapat disimpulkan bahwa kesehatan lingkungan sangat berpengaruh pada hidup manusia khususnya kesehatan.
    bahwa keadaan sanitasi yang buruk dapat menyebabkan kondisi masyarakat/lingkungan yang tidak baik,terdapatnya pencemaran yang kotor dan timbulnya wabah penyakit.
    Sebagaimana juga disimpulkan pada teori simpul yang menerangkan bahwa setiap komponen yang ada dilingkungan sangat brhubungan,sehingga apabila sanitasi lingkungan tersebut tidak baik maka sanitasi disekitar daerah tersebut tidaklah baik untuk penduduk sekitar.

    BalasHapus
  26. Pemahaman saya tentang materi dasar konsep kesehatan lingkungan malam ini bahwa antara lingkungan dan manusia sanagat saling berpengaruh.Sehat dan sakit berasal dari lingkungan yg sehat, lingkungan yg sehat juga berasal dari manusianya yg berprilaku sehat.Jdi saling ketergantungan.


    Untuk itu perlu diberikan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar kita semua terhindar dari penyakit yang bersumber dari lingkungan.Karena lingkungan yg tidak sehat hasil dari prilaku manusia yang tidak sehat.

    BalasHapus
  27. Setelah mempelajari materi matrikulasi diatas saya dapat mengetahui tujuan dari kesehatan lingkungan yaitu melakukan koreksi, memperkecil atau memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia; pencegahan, mengefisienkan pengaturan sumber-sumber lingkungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia serta untuk menghindarkan dari bahaya. Kesehatan lingkungan adalah kesehatan yang sangat penting bagi kelancaran kehidupan dibumi, karena lingkungan adalah tempat dimana pribadi itu tinggal. Lingkungan yang sehat dapat dikatakan sehat bila sudah memenuhi syarat-syarat lingkungan yang sehat. Kesehatan lingkungan merupakan faktor penting dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, bahkan merupakan salah satu unsur penentu atau determinan dalam kesejahteraan penduduk. Di mana lingkungan yang sehat sangat dibutuhkan bukan hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk kenyamanan hidup dan meningkatkan efisiensi kerja dan belajar.

    BalasHapus
  28. Dari Materi Matrikulasi diatas tentang Dasar Konsep Kesehatan Lingkungan, Ruang Lingkup dan Tujuan Sanitasi, Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul, kesling menempatkan diri pd keseimbangan ekologis berusaha menjalin suatu keseimbangan interaksi manusia dgn lingkungan pd taraf optimal dan batas2 tertentu untuk menjamin kehidupan yang tetap sehat.
    Prinsip Sanitasi merupakan Upaya Preventif yang mengupayakan bagaimana mencegah orang/mayarakat agar tidak sakit dengan melakukan Promotif. Bila Keadaan sanitasi suatu daerah buruk maka dapat dipastikan keadaan kesehatan daerah tersebut mudah terserang penyakit bahkan bisa menjadi wabah. Di dalam teori simpul dijelaskan bahwa ada 4 simpul yang saling keterkaitan hingga menimbulkan penyakit, dari simpul sumbernya, simpul media lingkungan, simpul tubuh manusia, simpul dampak kesehatan. Untuk itu perlu diberikan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar kita semua terhindar dari penyakit yang bersumber dari lingkungan.

    BalasHapus
  29. Dengan mempelajari matrikulasi KesLing, kita mampu mengamati, mengukur, dan mengendalikan sumber penyakit atau sumber pencemaran udara yang berpengaruh terhadap KesLing itu sendiri, serta kita mampu mencegah dan melakukan penanggulangan terhadap lingkungan yang telah tercemar dan memberikan pemeriksaan terhadadap masyarakat yang telah terjangkit penyakit yang diakibatkan tercemarnya lingkungan. Dengan memperhatikan KesLing, kita mampu menciptakan kebersihan yang berpengaruh terhadap KesLing.

    BalasHapus
  30. Dari Materi Matrikulasi diatas tentang Dasar Konsep Kesehatan Lingkungan, Ruang Lingkup dan Tujuan Sanitasi, Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul ternyata Keadaan Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mendukung Faktor Kesehatan dan kesejahteraan pada kelompok masyarakat/ individu. Bila Keadaan sanitasi suatu daerah buruk maka dapat dipastikan keadaan kesehatan daerah tersebut mudah terserang penyakit bahkan bisa menjadi wabah.Kita sebagai ahli kesehatan masyarakat wajib untuk memahami dan mengaplikasikan ilmu kesehatan lingkungan, karena lingkungan memiliki peran dalam timbulnya gangguan kesehatan yaitu peran agent, reservoir, vector, host, dan medium transmisi.

    BalasHapus
  31. Maaf bu Mau tanya,saya blm mengerti tentang teori simpul,dlm teori simpul trsebut digunakan untuk segala macam penularan dan perjalanan penyakit atau bagaimana?

    BalasHapus
  32. Setelah membaca materi matrikulasi kesehatan lingkungan saya dapat lebih memahami tentang Konsep Kesehatan Lingkungan beserta ruang lingkup dan tujuan kesehatan lingkungan.
    Memahami bahwa betapa pentingnya hubungan lingkungan dengan kesehatan.

    BalasHapus
  33. Menurut pendapat saya setelah membaca materi yang telah disampaikan tentang Dasar Konsep Kesehatan Lingkungan, Ruang Lingkup dan Tujuan Sanitasi, Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul ternyata Keadaan Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mendukung Faktor Kesehatan dan kesejahteraan pada kelompok masyarakat/ individu. Bila Keadaan sanitasi suatu daerah buruk maka dapat dipastikan keadaan kesehatan daerah tersebut mudah terserang penyakit bahkan bisa menjadi wabah.

    BalasHapus
  34. Setelah membaca materi matrikulasi kesehatan lingkungan saya dapat lebih memahami tentang Konsep Kesehatan Lingkungan beserta ruang lingkup dan tujuan kesehatan lingkungan.
    Memahami bahwa betapa pentingnya hubungan lingkungan dengan kesehatan.
    Ada tiga factor yang berperan sehingga menimbulkan penyakit, factor itu adalah :
    1. Agent sifat pembawaan agent menyebabkan penyakit pada manusia
    2. Penjamu (tuan rumah) manusia yg dihinggapi penyakit
    3. Lingkungan
    jadi kita harus memperhatikan faktor-faktor yg dapat menimbulkan penyakit tersebut agar terhidar dari penyakit tersebut

    BalasHapus
  35. seteleh saya mempelajari matrikulasi tentang konsep dasar kesehatan lingkungan ,runag lingkup dann tujuan kesehatan lingkngan serta teori simpul betapa pentingnya kita mempelajari dan melaksanakan konsep kesehatan lingkungan dengan melihat ruang lingkup kesehatan lingkungan yang sengat luas sehuingga kita harus menjaga dan melaksakan dan tercapainya tujuan dari kesehatan kingkungan yang di muali dari diri kita sendiri dan lingkungan yang ada kitar kita.
    dan jika sanitasi lingkungan suatu daerah kotor dan tidak bersih bisa dipastikan keadaan kesehatan daerah teresebut mudah terserang penyakit bahkan bisa menjadi wabah.
    Menurut teori simpul diatas Masing-masing komponen harus saling mendukung agar terjadi keseimbangan sehingga masyarakat yang berada didaerah tersebut dapat terjamin kesehatannya.
    Dengan Kata lain Sanitasi merupakan hal yang sangat kompleks untuk menjamin keadaan masyarakat agar kesehatannya tetap terjaga. Jadi Prinsip Sanitasi merupakan Upaya Preventif yang mengupayakan bagaimana mencegah orang/mayarakat agar tidak sakit dengan melakukan Promotif
    untuk itu betapa pentingnya kita menjaga kesehatan lungikukngan di sekitar kita agar terbebas dari berbagai maca,m penyakit yang dapat ditimbulkan dari kradaan suatu lingkungan, karna lingkungan merupakan media transisi untuk timbulnya suatu sumber penyakit.

    BalasHapus
  36. Setelah saya mempelejari materi diatas maka kesehatan lingkungan menurut WHO adalah suatu keseimbangan Ekologis yang harus ada antar manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat bagi manusia,karena kesehatan lingkungan sangat penting bagi kehidupan manusia maka dari itu kita harus saling menjaganya supaya manusia terhindar dari segala bentuk pencemaran lingkungan baik itu tanah,air dan udara krn tiga hal tersebut yang pasti akan menjamin kelangsungan hidup manusia untuk tetap sehat.

    BalasHapus
  37. Dari materi matrikulasi kesling yg tlh diuraikan diatas,tentang dasar konsep kesling,ruang lingkup kesling dan tujuan sanitasi,hubungan lingkungan dgn kesehatan serta uraian tentang teori simpul, dapat saya simpulkan bahwa keadaan suatu lingkungan sangat mempengaruhi kesehatan manusia.
    Bila keadaan sanitasi suatu lingkungan sangat buruk maka dpt dipastikan keadan suatu daerah tsb menjadi rentan untuk terjangkit penyakit yg dpt menjadi suatu wabah.
    Menurut teori simpul diatas masing2 komponen harus saling mendukung agar terjadi keseimbangan yang akhirnya masyarakat di daerah tsb dpt baik dan terjamin kesehatannya.
    Kegiatan preventif dgn melakukan pengawasan lingkungan maka akan masyarakat di daerah tsb akan terjaga kesehatannya yg akan berkaitan langsung dgn peningkatan derajat kehidupan masyarakat didaerah tsb.

    BalasHapus
  38. bagaiamanakah cara menerapakan simpul-simpul diatas, dan Mulai dari simpul manakah Jika ada Kejadian Luar biasa (KLB) di wilayah tertentu?

    BalasHapus
  39. Dari materi yang ibu berikan pada malam ini saya dapat membuat kesimpulan sbb:
    Kesehatan Lingkungan menurut WHO adalah Suatu keseimbangan ekologis yg harus ada antara manusia dan lingkungannya, agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia
    Ruang lingkup kes ling secara garis besar meliputi: Lingkungan Fisik, Lingkungan biologi, Lingkungan Sosial.
    Dan untuk menjaga keseimbangan ekologis antara manusia dan lingkungan tadi ada beberapa cara yang dapat dilakukan salah satunya yaitu dengan melakukan pengawasan lingkungan.
    Adapun tehnik pemecahan masalahnya dapat dilakukan dengan berpedoman pada beberapa teori dari para ahli kesling, misalnya salah satu cara yang dapat dipakai yaitu dengan menggunakan teori simpul seperti yang telah dipaparkan pada materi e learning malam ini.
    Demikianlah kesimpulan yang bisa saya tuliskan pada kesempatan kali ini, jika ada kekurangan mohon ijin untuk diberi penjelasan yang benar, terima kasih bu

    BalasHapus
  40. Di dalam teori simpul dijelaskan bahwa ada 4 simpul yang saling keterkaitan hingga menimbulkan penyakit, dari simpul sumbernya, simpul media lingkungan, simpul tubuh manusia, simpul dampak kesehatan. Untuk itu perlu diberikan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar kita semua terhindar dari penyakit yang bersumber dari lingkungan.

    BalasHapus
  41. Sehat pada dasarnya adalah gambaran keadaan keseimbangan dari berbagai faktor sedangkan penyakit timbul apabila terjadi gangguan dari keseimbangan faktor tersebut.
    Ada tiga factor yang berperan sehingga menimbulkan penyakit, factor itu adalah :
    1. Agent sifat pembawaan agent menyebabkan penyakit pada manusia
    2. Penjamu (tuan rumah) manusia yg dihinggapi penyakit
    3. Lingkungan

    Menurut teori simpul diatas Masing-masing komponen harus saling mendukung agar terjadi keseimbangan sehingga masyarakat yang berada didaerah tersebut dapat terjamin kesehatannya.
    Dengan Kata lain Sanitasi merupakan hal yang sangat kompleks untuk menjamin keadaan masyarakat agar kesehatannya tetap terjaga. Jadi Prinsip Sanitasi merupakan Upaya Preventif yang mengupayakan bagaimana mencegah orang/mayarakat agar tidak sakit dengan melakukan Promotif

    BalasHapus
  42. setelah ,membaca teori matrikulasi yang telah diuraikan diatas dapat disimpulkan bahwa keadaan suatu lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakatnya.Kegiatan-kegiatan yg bersifat preventif dan promotif sangat diperlukan demi terwujudnya penigkatan derajat kesehatan masyarakat

    BalasHapus
  43. Setelah saya membaca materi yang ibu berikan, saya jadi mengetahui betapa pentingnya kita mempekajari konsep kesehatan lingkungan dan tujuan dari kesehatan lingkungan yaitu melakukan koreksi, memperkecil atau memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia; pencegahan, mengefisienkan pengaturan sumber-sumber lingkungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia serta untuk menghindarkan dari bahaya.
    Karena lingkungan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan masyarakat. Sebagian besar gangguan kesehatan disebabkan kondisi lingkungan dan perilaku masyarakat. Pengaruh lingkungan terhadap kesehatan mengakibatkan gangguan kesehatan yang bersifat segera dan bersifat lambat atau akumulatif
    Untuk itu perlu diberikan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar kita semua terhindar dari penyakit yang bersumber dari lingkungan.

    BalasHapus
  44. Terima kasih bu atas materi yang d berikan malam ini,.......... materi ini sangat bermanfaat dan saya jadi lebih memahami apa itu Kesehatan Lingkugan, Ruang lingkup dan tujuan dari kesehatan ligkungan itu sendiri, dan ternyata Lingkungan berperan Dalam Menimbulkan Gangguan Kesehatan.

    BalasHapus
  45. Dari materi matrikulasi kesling yg uraikan diatas, merupakan Dasar Konsep Kesehatan Lingkungan, Ruang Lingkup dan Tujuan Sanitasi, Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul, kesling menempatkan diri pd keseimbangan ekologis berusaha menjalin suatu keseimbangan interaksi manusia dgn lingkungan pd taraf optimal dan batas-batasan tertentu untuk menjamin kehidupan yang tetap sehat.
    Bila Keadaan sanitasi suatu daerah buruk maka dapat dipastikan keadaan kesehatan daerah tersebut mudah terserang penyakit bahkan bisa menjadi wabah.karena lingkungan memiliki peran dalam timbulnya gangguan kesehatan yaitu peran agent, reservoir, vector, host, dan medium transmisi.
    Sebagaimana juga disimpulkan pada teori simpul yang menerangkan bahwa setiap komponen yang ada dilingkungan sangat brhubungan,sehingga apabila sanitasi lingkungan tersebut tidak baik maka sanitasi disekitar daerah tersebut tidaklah baik untuk penduduk sekitar.

    BalasHapus
  46. setelah membaca materi matrikulasi berdasarkan teori simpul diatas dapat disimpulkan
    dalam upaya pengendalian penyakit berbasis lingkungan, maka perlu diketahui perjalanan penyakit atau patogenesis penyakit tersebut, sehingga kita dapat melakukan intervensisecara cepat dan tepat. Kejadian penyakit maupun gangguan kesehatan pada manusia, tidak terlepas dari peran faktor lingkungan. Hubungan interaktif antara manusia serta perilakunya dengan komponen lingkungan yang memiliki potensi bahaya penyakit, juga dikenal sebagai proses kejadian penyakit.

    BalasHapus
  47. Kesehatan lingkungan merupakan suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia itu sendiri, apabila manusia dapat membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat maka akan tercipta suatu lingkungan yg sehat pula...dimana lingkungan yg sehat sangat dibutuhkan untuk kenyamanan hidup,meningkatkan efisiensi belajar dan bekerja serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

    BalasHapus
  48. Dengan mempelajari ilmu kesling maka kita bisa mengetahui cara Melakukan Koreksi, memperkecil atau memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia
    serta mengetahui cara melakukan Pencegahan,mengefisienkan pengaturan sumber-sumber lingkungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia serta untuk menghindarkan dari bahaya

    BalasHapus
  49. Dari materi matrikulasi kesling yang ibu sampaikan dapat di simpulkan bahwa kesehatan manusia sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan di sekitarnya. Keadaan lingkungan yang buruk/ sanitasi yang buruk dapat dipastikan bahwa keadaan kesehatan di daerah tersebut mudah terjangkit penyakit bahkan bisa menimbulkan wabah atau kejadian penyakit yang terjadi secara serentak. Sedangkan keadaan lingkungan/ sanitasi yang baik pasti akan terjadi sebaliknya yaitu tidak terjadi masalah dengan kesehatan.
    Dari teori simpul bahwa perjalanan penyakit yang terjadi pada manusia dapat kita cegah atau kita hindari yaitu dengan mempelajari simpul 1- simpul 4:
    1. Simpul 1 ( sumbernya)
    dengan mengenali sumber terjadinya penyakit, seperti pencemaran air, emisi kendaraan bermotor atau virus ataupun bakkteri yang dapat menyebabkan penyakit.
    2. Simpul 2 ( media lingkungan) seperti air,tamah, udara.
    3. Simpul 3 ( tubuh manusia) yaitu dengan melakukan pemeriksaan terhadap tubuh manusia yang terpajan.
    4.simpul 4 ( dampak kesehatan) yaitu dengan mengetahui /mengenali dampak yang diakibatkan oleh lingkungan yang tercemar.

    BalasHapus
  50. Setelah sy membaca materi ibu, sy menyimpulkan bahwa Lingkungan memiliki pengaruh yg besar terhadap kesehatan seseorang, maupun kelompok orang. Sesuai teori bahwa sehat pd dasarnya adl gambaran keadaan keseimbangan dari berbagai factor sedangkan penyakit timbul apabila terjadi gangguan dari keseimbangan factor tersebut. Terdapat 3 Faktor yg berpengaruh yakni agent, penjamu / tuan rumah dan lingkungan. Demikian yg dpt sy tarik kesimpulan Ibu.

    BalasHapus
  51. Setelah saya mempelajari materi diatas saya memahami bahwa Kontribusi Lingkungan dalam kaitannya dengan kesehatan sangat erat dan merupakan hal yang sangat esensial disamping masalah perilaku masyarakatnya itu sendiri, Lingkungan memberikan kontribusi terbesar terhadap timbulnya masalah kesehatan.sehingga keterkaitan-keterkaitannya perlu dipahami dan dikaji secara cermat agar dapat digambarkan potensi gangguan kesehatannya.
    Dari Materi Matrikulasi diatas tentang Dasar Konsep Kesehatan Lingkungan, Ruang Lingkup dan Tujuan Sanitasi, Hubungan Lingkungan dengan Kesehatan dan Teori Simpul ternyata Keadaan Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mendukung Faktor Kesehatan dan kesejahteraan pada kelompok masyarakat, Bila kondisi sanitasi buruk maka dapat dipastikan keadaan kesehatan daerah tersebut buruk.Bila baik sanitasinya maka kesehatan masyarakatnyapun dijamin akan baik.
    Seperti halnya pada teori simpul yang menerangkan bahwa setiap komponen yang ada di lingkungan saling berkaitan sehingga sangatlah penting untuk kita perhatikan agar derajat kesehatan masyarakat meningkat.Dengan upaya preventif yang mengupayakan bagaimana mencegah penyakit dan promotif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

    BalasHapus
  52. Dari materi matrikulasi tentang dasar konsep kesehatan lingkungan, ruang lingkup dan tujuan sanitasi, hubungan lingkungan dengan kesehatan dan teori simpul, kesimpulan menurut saya adalah bahwa untuk dapat menjamin keadaan sehat dari manusia harus ada keseimbangan antara manusia dan lingkungannya. Lingkungan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kesehatan,maka kita perlu melakukan pengawasan terhadap lingkungan. Dan teori simpul dapat membantu kita dalam memecahkan masalah kesehatan lingkungan.

    BalasHapus
  53. setelah saya membaca materi ini, maka kita mengetahui bagaimana cara memperkecil dan memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup manusia.
    untuk menerapkannya seblumnya kita mempelajari memahami dan kemudian menerapkannya di diri sendiri maupun sekitar. karna kesehatan penting dalam upaya pengendalian penyakit berbasis lingkungan maka perlu di ketahui perjalanan suatu penyakit.dan selalu mencegah agar hidup tetap sehat dan berkualitas.

    BalasHapus
  54. Setelah membaca matrikulasi konsep kesehatan lingkungan dapat disimpulkan bahwa adanya keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitashidup manusia yang sehat dan bahagia
    Kontribusi lingkungan dalm mewujudkan derajat kesehatan merupakan hal yang esensial di samping prilaku masyarakat, pelayanan kesehatan dan faktor keturunan. Lingkungan memberikan kontribusi terbesar terhadap timbulnya masalh kesehatan masyarakat.
    Jadi salah satu upayany adalah promotif dan preventif yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan supaya kita tidak terserang penyakit yang bersumber dari lingkungan itu sendiri

    BalasHapus
  55. Dari matrikulasi kesling ini dapat disimpulkan bahwa kesehatan lingkungan sangat berperan penting dalam mewujudkan derajat kesehatan, dilihat dari faktor-faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi terhadap kesehatan, seperti lingkungan biologis,lingkungan fisik, lingkungan ekonomi dan lingkungan fisik.

    Dan dapat dilihat dari teori simpul dimana simpul 1,2,3,dan 4 sangat berpengaruh bagi kesehatan,sehingga kita dapat mengetahui cara untuk mengatasi masalah kesehatan yang terjadi di lingkungan.

    Dan saya mau bertanya bu, tentang 5 prinsip pengawasan lingkungan itu apa pengertiannya bu dari masing-masing point tersebut? dan contohnya apa saja bu? terimakasih

    BalasHapus
  56. Dalam matrikulasi hari ini menurut saya sangat penting memahami dan mengaplikasikan ilmu kesehatan lingkungan, karena lingkungan memiliki peran dalam timbulnya gangguan kesehatan yaitu peran agent, reservoir, vector, host, dan medium transmisi. Sebagai mahkluk sosial kita harus mengetahui sejauh mana pentingnya kesehatan lingkungan. Selain itu kita juga sebaiknya mengetahui yang termasuk ruang lingkup dari kesehatan bagi lingkungan. Seperti penyediaan air minum, pengelolaan air buangan dan pengendalian pencemaran, pembuangan sampah padat, pengendalian vektor, pengendalian radiasi, kesehatan kerja, pemukiman, pencegahan kecelakaan. Di negara kita sendiri untuk kesehatan lingkungan sudah jelas diterangkan dalam pasal 22 ayat (3) UU No.23 tahun 1992 dan ruang lingkupnya terdiri atas penyehatan air dan udara, pengamanan limbah padat, pengamanan limbah cair, pengamanan limbah gas, pengamanan radiasi, kebisingan, vektor penyakit dan keadaan cuaca pasca bencana yang erat kaitannya dengan teori simpul tersebut.
    Mungkin itu yang bisa saya simpulkan untuk kuliah kesling malam ini. Terimakasih.

    BalasHapus
  57. Intinya Faktor kesehatan pada masyarakat tergantung pada keadaan disuatu wilayah,jika keadaan wilayah itu buruk maka dapat dipastikan keadaan wilayah tersebut akan mudah terserang penyakit bahkan wabah sekalipun.
    Untuk 5 prinsip pengawasan lingkungan kurang jelas buk dina,.

    BalasHapus
  58. kalau teori simpul untuk penyakit goiter apa yah? mohon bantuannya

    BalasHapus