Senin, 22 April 2013

Topik 1 : KONSEP KESEHATAN LINGKUNGAN


KONSEP KESEHATAN LINGKUNGAN

Secara konsepsional kesehatan Lingkungan à Bagian dr ilmu kes-masy secara utuh : utk keberhasilannya keshling tdk dapat diupayakan tersendiri tanpa integrasi dg cabang-cabang upaya kes-masy lainya.
Konsep ilmu keshling mengandalkan pandangan pd konsep ilmu kesehatan/konsep ekologi. Disini jelas ditekankan bahwa keshling merupakan salah satu aspek kesh-masy. Artinya pengembangan keshling harus mengikuti prinsip ilmu kes-masy.
Menurut sifat kegnya kesling merupakan keg preventif (mencegah) atau promotif (peningkatan).
Preventif :menekankan kegiatan pd prinsip sanitasi

v meniadakan/mengendalikan faktor lingkungan sejauh mungkin
v menghindarkan gangguan (hazards)

agar tdk mengarah pd timbulnya proses penyakit dan mampu memutus ikatan mata rantai proses penyakit.
Kesling menempatkan diri pada keseimbangan ekologis berusaha menjalin suatu keseimbangan interaksi manusia dg lingkungan pd taraf optimal&batas-batas tertentu utk menjamin kehidupan yang tetap sehat (well being). Kehidupan yg sehat meliputi baik dimensi kesehatan fisik, mental & hubungan sosial yg optimal dg lingkungan.
Bila kondisi optimal tdk dapat dicapai maka kesh-ling sampai batas-batas dimungkinkan menyesuaikan diri melalui berbagai upaya.

PENGERTIAN KESLING
Kesehatan : Suatu keadaan sejahtera dari fisik, mental dan sosial yang tidak hanya berarti bebas dari penyakit
Lingkungan : Suatu benda, daya, kondisi termasuk manusia& perilakunya yg mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia
Jadi Kesehatan Lingkungan menurut WHO adalah Suatu keseimbangan ekologis yg harus ada antara manusia dan lingkungannya, agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia
Untuk melihat materi berikutnya silahkan klik disini

5 komentar:

  1. Tanya bu,
    Dari pengertian diatas Jika kita sudah menjalankan kesehatan lingkungan sudah terjamin bahwa kita sehat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbk eflina pertanyaan yg bagus coba mbk pahami batasan kesling dari pendapat yang lain misal pendapat dari HAKLI yaitu suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologis yang dinamis antara manusia dan lingkungan untuk mendukung tercapainya realitas hidup manusia yang sehat,sejahtera dan bahagia,jadi terjaminnya kesehatan kita/masyarakat yang telah menjalankan kesling itu dipengaruhi oleh adanya hubungan yang baik antara manusia dan lingkungan, coba mbk perhatikan apakah saat ini hubungan manusia dan lingkungan sudah dinamis, kenapa masih banyak pencemaran lingkungan (ex polusi udara) itu akibat atau ulah dari manusia shg jika kita liat batasan kesling dari WHO bahwa kesling diharapkan dapat menjamin keadaan sehat dari manusia jelas itu hal yang tidak mudah bukan?

      Hapus
  2. ass. maaf bu saya akan mencoba untuk berdiskusi dengan manjawab pertanyaan dr teman saya eflina.

    walaupun kita sudah menjalankan kesehatan lingkungan belum tentu kesehatan kita terjamin jika kita menjalani kesehatan lingkungan tidak di seiinmbangkan ekologis dengan keadaan upaya untuk preventif dan promotif dan diseimbangkan pula dengan keadaan sejahtra fisik mental dan pula keadaan sosial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mbk good answer harus ada upaya preventif dan promotif guna menciptakan kesehatan lingkungan di masyarakat kita

      Hapus
  3. kesling....Yessss...
    he.he.he..
    ia buu sepakat.
    keslig itu mencangkup berbagai aspek.
    namun yang paling utama yang berpengaruh yaitu dari lingkungan.karena keseimbangan ekologis antara manusia dengan lingkungan sangat berpengaruh untuk menjamin keadaan sehat dari manusianya sendiri.karena sehat itu sendri ialah suatu keadaan se,purn, baik seara fisik,mental dan sosial.
    terimakasih,,,:)

    BalasHapus