Senin, 13 Oktober 2014

Pengelolaan Sampah


Bagaimana kehidupan masyarakat kita ke depan, jika persoalan sampah tidak segera diselesaikan. Permasalahan sampah bukan hanya berdampak pada persoalan lingkungan, tetapi juga telah menimbulkan kerawanan sosial dan bencana kemanusiaan. Berbagai kasus, seperti di Bantargerbang, Bojong Gede, dan Leuwigajah, mengingatkan kita bahwa persoalan sampah bukan hal yang sepele. Lalu, apa yang dapat kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat?

NEXT
 

38 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Yg harus dilakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat yaitu setiap warga harus sadar bahwa kebiasaan membuang sampah d sembarang tempat akan mengakibat kan banyak masalah termasuk masalah kesehatan,peran pemerintah sebagai pembuat kebijakan harus memberikan sangsi tegas kepada warga nya apabila didapati warga yg membuang sampah d sembarang tempat,selain itu harus d lakukan daur ulang sampah agar dapat menjadi barang yg lebih bermanfaat terutama yg berbahan anorganik.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Ima Yustitia, 14410028P, Hadir
    Dengan cara : memberi kesadaran kepada masyarakat jangan sembarangan membuang sampah, agar sampah tidak menumpuk yaitu dengan cara melakukan pengumpulan sampah terlebih dahulu di suatu tempat setelah itu sampah di olah menjadi pupuk sehingga dapat berguna bagi masyarakat

    BalasHapus
  5. Salah satu cara untuk mengatasi problem sampah yang menggunung adalah dengan memanfaatkan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk alami (kompos). Jika sampah rumah tangga dapat diolah menjadi kompos, dapat dihitung berapa volume sampah dapat dikurangi sehinga secara otomatis berdampak pada lingkungan yang semakin sehat, Air , tanah dan udara pasti nya tidak akan tercermar.

    BalasHapus
  6. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan yaitu menerapkan prinsip 4R :
    Replace (mengganti), reduce (mengurangi), re-use (memakai), dan recycle (daur ulang).
    Replace (Ganti dengan barang ramah lingkungan)
    Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang barang yang hanya bisa dipakai sekalai dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, Misalnya, dgn mengganti kantong keresek dengan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami.
    Reduce (Kurangi Sampah)
    misalnya dgn membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus barang belanja, atau dg membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis.
    pada saat membeli susu, makanan kering, deterjen, dll dalam kemasan yang besar daripada membeli beberapa paket kecil untuk volume yang sama
    Re-use (Gunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai)
    dapat dilakukan dgn cara memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah, memanfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk pembungkus , Pakaian atau kain-kain bekas dibuat kerajinan tangan,atau untuk perangkat pembersih (lap).
    Recycle(Daur Ulang Sampah)
    1. Mengumpulkan kertas, majalah, dan surat kabar bekas untuk di daur ulang.
    2. Mengumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang.
    3. Menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya hasil daur ulang

    BalasHapus
  7. NANI KURNIA
    NPM : 14410038P
    HADIR
    prilaku membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu hal yang sangat membantu...apabila para tenaga kesehatan berprilaku membuang sampah pada tempatnya serta memberi contoh pada masyarakat luas maka hal tersebut dapat diminimalisir dalam lingkungan masyarakat atau lingkungan sekitar..

    BalasHapus
  8. 1. Melakukan pengelolaan terhadap sampah
    a. Sampah dari rumah-rumah dikumpulkan dan disimpan dalam tempat atau kontainer sementara, untuk kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk diolah sebelum dibuang, pengolahan yang dimaksud adalah pemisahan sampah berdasarkan mana yang bisa terurai dan tidak bisa terurai.
    b. Sampah yang bisa diurai ditempatkan ditempat pembuangan sampah, atau diolah menjadi kompos dan untuk sampah sampai yang tidak bisa terurai dilakukan daur ulang, tapi jika kita tidak bisa melakukan daur ulang maka sampah tersebut kita lakukan pembakaran, pembakaran sampah secara continue artinya jangan menunggu sampah menumpuk dulu baru dibakar.

    2. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya dari membuang sampah sembarangan apalagi jika sampai terjadi penumpukan.

    BalasHapus
  9. untuk menanggulangi sampah supaya tidak menggunung dan mengganggu kesehatan antara lain dapat kita tanggulangi dengan cara mendaur ulang sampah tersebut.sampah-sampah itu kita pisah,yang dapat kita manfaatkan kita olah kembali menjadi bahan siap pakai,misalnya sampah dari bungkus deterjen bisa kita buat tas atau kerajinan sehingga sampah yang menggunung dapat kita kurangi sedikit demi sedikit
    selanjutnya ada kesadaran dari kita untuk dapat berhemat menggunakan barang sehingga tidak menyebabkan sampah semakin menggunung sehingga menjadi sumber penyakit

    BalasHapus
  10. Neti Nurmala Sari
    NMP 14410039P

    a. Apa bila persoalan sampah tidak cepat diselesaikan akan banyak masalah yang timbul , salah satunya yang akan timbul kesehatan lingkungan, terganggunya aktifitas masyarakat, dampaknya akan terjadi bancana alam contohnya banjir. Akan berdampak kepada kesehatan lingkungan, timbul penyakit.

    b. Yang harus kita lakukan adalah dengan menjaga lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, memisahkan jenis sampah organik dan non organik, untuk yang kreatif dapat mendaur ulang sampah menjadi barang yng bernilai, dapat menjaga kesehatan lingkungan dengan 3m,
    - Menguras tempat-tempat penampungan air bak mandi WC, tempayan, ember, vas bunga, dsb minimal seminggu sekali
    - Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong dan drum.
    - Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, botol, plastik dan tempurung kelapa.
    - Menaburkan bubuk abate atau altosid 2-3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau tempat sulit air.
    - Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
    - Cegah gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat repelant, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi dsb

    BalasHapus
  11. Agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat, sampah yang kita hasilkan harus dikelola, baik di lingkungan rumah kita sendiri maupun lingkungan desa. Adapun tahapan-tahapannya, yakni;

    1. Pemisahan
    Sampah sebelum kita buang ke tempat penampungan, sebaiknya kita pilah-pilah (pemisahan) mana yang bisa didaur ulang dan tidak. Dari jenisnya, ada dua jenis sampah yaitu sampah organic dan sampah anorganik. Sampah organic adalah sampah yang masih bisa diurai lagi oleh pengurai, misalnya sampah yang berasal dari tumbuhan, dan daging. Dan sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa diurai tetapi masih bisa didaurulang kembali, misalnya plastik, kaca, logam, dan kertas.

    2. Pengolahan
    Pengolahan sampah disini terdiri dari tiga tahap yaitu :

    a. Pengurangan
    Pengurangan berarti untuk mengurangi terjadinya penumpukan sampah agar tidak terlalu banyak. Yaitu dengan menggunakan barang/produk yang bahannya masih bisa didaurulang. Barang-barang yang bisa didaurulang yaitu sampah anorganik. Contohnya yaitu, pemakaian kertas hasil daurulang, pengguanan plastic yang masih bisa didaurulang kembali dan masih banyak lagi.

    b. Pemanfaatan kembali
    Pemanfaatan kembali maksudnya memanfaatkan sampah-sampah yang masih bisa digunakan/dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya yaitu, pengguaan kaleng bekas untuk tempat sampah, pembuatan mainan dari kaleng-kaleng bekas dan masih banyak lagi.

    c. Pendaurulangan
    Pendaurulangan yaitu pemprosesan/pengolahan kembali sampah-sampah yang bahannya bisa didaurulang menjadi suatu produk yang baru. Bahan-bahan yang digunakan dari pendaurulangan sampah yaitu sampah anorganik yang didaurulang menjadi mainan, kertas hasil daurulang, vas bunga, gelas dll. Dan juga sampah organic yang didaurulang menjadi pupuk kompos.

    BalasHapus
  12. yang dapat kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat adalah dengan cara mulai lah dari diri kita sendiri tidak membuang smpah pada sembarang tempat kemudian kita sebagai tenaga kesehatn beri penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang tempat seperti di sungai ataupun di tempat - tempat umum kemudian memilah milah sampah yang dapat di daur ulang seperti di olah menjadi pupuk atau kerajinan tangan seperti membuat bunga dari plastik bekas dan lain lainnya dengan demikian sampah tidak menggunung.

    BalasHapus
  13. Yang terpenting salah satunya dengan cara mengajak orang disekitar kita, agar mereka juga sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
    Banyak yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah dilingkungan kita, salah satunya adalah 4R + 1D, yaitu:
    • Recycle ( Mendaur ulang )
    Recycle adalah mengolah ( mendaur ulang ) sampah menjadi barang baru yang berguna.contohnya, membuat kompos, membuat wadah tisu, membuat pot bunga dan masih banyak Lagi. Biasanya jika kita me recycle barang-barang bekas kita dapat membuahkan suatu keuntungan seperti dapat menjualnya dan kita dapat mengurangi sampah yang ada disekitar kita.
    • Replace ( Mengganti )
    Replace adalah mengganti barang-barang yang sulit diuraikan atau mengganti barang-barang sampah dengan barang yang ramah lingkungan atau multifungsi.
    Contoh :
    1. mengganti styrofoam dengan kertas minyak
    2. mengganti tissue dengan sapu tangan
    3. mengganti botol plastik yang dapat diremukan dengan botol plastik keras
    • Reuse ( Memakai kembali )
    Reuse adalah memakai kembali barang-barang yang memang masih dapat digunakan, walaupun tidak sesuai fungsi aslinya.
    Cara nya adalah :
    1. menggunakan buku tulis yang kertasnya masih kosong untuk catatan atau coret coret
    2. Menggunakan kedua sisi kertas
    3. botol air mineral dapat digunakan untuk pot bunga
    • Reduce ( Mengurangi )
    Reduce adalah mengurangi penggunaan bahan bahan yg tidak ramah lingkungan.Cara yang dapat di lakukan seperti :
    1. membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik yg sulit di uraikan
    2. membeli kemasan isi ulang untuk deterjen,shampo,sabun,atau kecap daripada selalu memberi kemasan yg baru setiap kali habis
    3. membeli barang kebutuhan dengan kemasan besar
    4. mengurangi pembelian barang yang tidak terlalu kita butuhkan
    • Destroy ( Menghancurkan )
    Kita tahu bahwa tidak semua sampah dapat di Reduce, Reuse, Recyle dan Replace, ada beberapa sampah berbahaya yang mengandung limbah B3 harus di musnahkan agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Dalam penghancuran sampah yang sudah tidak dapat dimanfaatkan kembali harus ditangani secara baik dan benar. Berbagai cara seperti pembakaran, penetralisiran, hingga dikubur di tempat yang jauh dari permukiman maupun sumber daya alam penduduk wajib dilakukan supaya tercipta lingkungan bersih, sehat dan terbebas dari masalah limbah sampah.

    Mari kita mulai dari diri sendiri, hingga bisa mengajak orang lain untuk perduli terhadap lingkungan

    BalasHapus
  14. volume yang terus bertambah, lahan TPA (tempat pembuangan akhir sampah) tidak memadai lagi. seperti wilayah tpa bojong gede.Salah satu cara untuk mengatasi problem sampah yang menggunung adalah dengan memanfaatkan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk alami (kompos). Jika sampah rumah tangga dapat diolah menjadi kompos, maka volume sampah dapat dikurangi.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Secara garis besar ada tiga system pengelolaan sampah. Dengan cara kimiawi melalui pembakaran, cara fisik melalui pembuangan di TPA, dan cara biologis melalui proses kompos. Yang lazim dilakukan untuk sampah dalam jumlah besar adalah secara fisik.
    Replace (Ganti dengan barang ramah lingkungan)
    Reduce (Kurangi Sampah)
    Re-use (Gunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai)
    Recycle(Daur Ulang Sampah)
    Namun dari semua itu yang paling penting adalah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, dapat memilah mana samah organik dan mana sampah anorganik. Dengan tingginya kesadaran masyarakat sampah akan berkurang dan lingkungan akan tetap sehat.

    BalasHapus
  17. Windy Febriani, 14410051P. Hadir

    Agar sampah tidak menggunung dibutuhkan kesadaran masyarakat agar dapat melakukan 4R yakni Replace, Reduce, Re-use, Recycling.

    REPLACE adalah proses menggantikan barang yang lebih ramah lingkungan,misal ganti kantong keresek dengan kantong yang terbuat dari kain sehinggan dapat digunakan lebih dari 1x pemakaian.

    REDUCE adalah proses mengurangi Sampah
    misalnya yakni dengan cara-cara ini : Membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus barang belanja

    Re-Use adalah proses pemanfaatan kembali barang barang yang masih dapat dipakai. contohnya menggunakan kaleng kaleng bekas cat di manfaatkan kembali menjadi pot bunga,

    RECYCLE adalah proses mendaur ulang sampah. misalnya sampah kertas bekas didaur ulang menjadi kertas baru. atau sampah organik dapat dimanfaatkan kembali sebagai pupuk kompos.

    BalasHapus
  18. Ida yulianty
    untuk mengatasi masalah sampah yang menggunung dengan cara mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi limbah sampah di daerahnya masing-masing dan memulai sedini mungkin untuk merancang program khusus dalam upaya penanganan-penangganan masalah limbah sampah, ada beberapa cara dalam penangganan dan mengatasi limbah sampah yaitu dengan:
    - Reduce/ mengurangi
    menghemat penggunaan produk yang kita pakai terlebih lagi bila produk ini menghasilakn sampah yang tidak dapat di pergunakan kembali contohnya : pergunaan air bersih jangan terlalu boros.
    - Reuse/memakai kembali
    contonya bungkus mie dapat di manpaatkan untuk wadah menanam tanaman, kotoran ternak dapat dijadikan pupuk kandang
    - Recyle/mendaur ulang
    sampah yang mulanya sampah tersebut tidak bernilai guna setelah di daur ulang memiliki nilai guna dan nilai ekonomi, contoh sampah organik
    - Destroy/menghancurkan
    beberapa sampah semisal sampah berbahaya yang mengandung B3 harus di musnahkan agar tidak berdampak bagi lingkungan kita.

    BalasHapus
  19. Lailia
    NPM. 14410030P
    Hadir

    Agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat
    a. jangan membuang sampah sembarangan
    b. membuang sampah pada tempatnya
    c. Memisahkan sampah organik dan non organik
    d. untuk pembuangan sampah terakhir bisa di kelola dengan cara Sanitari Lenvil sehingga tidak menimbulan bencana misalnya: Banjir, membau, dapat menimbulkan penyakit
    e. memberi informasi pada masyarakat tentang bahaya dari membuang sampah sembarangan

    BalasHapus
  20. Pengurangan sampah dapat dilakukan dengan cara 4R + 1D yaitu :
    1. Recycle (daur Ulang)
    daur ulang sampah menjadi barang baru yg berguna con : membuat kompos,Pot bunga dll
    2. Replace ( Mengganti)
    Maksud nya mengganti barang yang sulit di urai menjadi barang yang ramah lingkungan atau multifungsi
    con : mengganti styrofoam dengan kertas minyak,botol plastik yg dapat diremukkan dengan botol keras
    3. Rause (Memakai kembali)
    memakai kembali barang yang memang masih dapat digunakan walau tidak sesuai dengan fungsi aslinya.
    con :botol air mineral dapat digunakan untuk pot bunga,kertas yang masih kosong untuk coret-coretan
    4.Reduce ( Mengurangi)
    mengurangi pemakaian bahan -bahan yang tidak ramah lingkungan.
    con : membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik yg sulit unt diurai,membeli kemasan isi ulang unt detergen dll dari pada membeli kemasan baru
    5. Destroy ( menghancurkan)
    sistem ini unt sampah berbahaya (B3) yang memang tidak dapat dipakai sistem 4R tadi karena berdampak pada lingkungan sekitar maka harus ada penanganan khusus.

    BalasHapus
  21. Yg harus dilakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat yaitu dengan cara melakukan 5M
    1. Mengurangi
    yaitu untuk mengatasi supaya limbah sampah yang kita hasilkan tidak terlalu banyak, kita perlu menghemat penggunaan produk yang kita pakai terlebih lagi bila produk ini menghasilkan sampah yang tidak dapat dipergunakan kembali.
    2. Mendaur Ulang
    Salah satu penanganan limbah sampah yang menjadi sorotan saat ini adalah recycle sampah yang mulanya sampah tersebut tidak bernilai guna setelah di daur ulang memiliki nilai guna dan nilai ekonimis, Contohnya seperti sampah organik bila di daur ulang kembali akan menjadi pupuk yang dapat menyuburkan tanah.
    3. Memakai kembali
    Agar tidak menjadi sampah yang menggunung dan menimbulkan masalah di waktu mendatang ada baiknya untuk memilah diantara barang yang terbuang tersebut untuk di pakai kembali, tidak perlu memakainya seperti fungsi sebelumnya namun bisa dipergunakan kembali untuk keperluan lain, contohnya bungkus mie dapat dimanfaatkan untuk wadah menanam tanaman, kotoran ternak dapat dijadikan pupuk kandang dan botol minuman bisa kita pergunakan sebagai wadah minyak goreng dll.
    4. Mengganti
    Untuk menghindari penumpukan sampah, selain ketiga cara diatas kita dapat mencoba mencari alternativ lain sebagai pengganti produk tertentu yang pemakaiannya sangat singkat dan boros, sebagai contoh, dari pada menggunakan styrofoam sebagai wadah makanan yang pada dasarnya sangat sulit terurai di alam, kita bisa menggunakan alternativ lain yaitu menggunakan wadah makanan lain yang bisa digunakan berulang kali seperti kotak makan.
    5. Menghancurkan
    Kita menyadari tidak semua sampah bisa di kurangi, daur ulang, pakai kembali dan diganti ada beberapa sampah semisal sampah berbahaya yang mengandung limbah B3 harus di musnahkan agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Dalam penghancuran sampah yang sudah tidak dapat dimanfaatkan kembali harus ditangani secara baik dan benar. Berbagai cara seperti penetralisiran, hingga dikubur di tempat yang jauh dari permukiman maupun sumber daya alam.

    BalasHapus
  22. Eni Herleni
    NPM14410024
    Hadir
    Cara penanganan sampah agar tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat, sampah yang kita hasilkan harus dikelola, baik di lingkungan rumah kita sendiri maupun lingkungan masyarakat dengan cara membuang sampah pada tempatnya,adapun tahap - tahap yaitu :
    1. Pemisahan sampah sampah organik dan sampah non organik
    2. Pengolahan dengan cara :
    - Pengulangan contohnya : sampah plastik dan kertas
    - Pemanpaatan kembali contohnya : kaleng bekas untuk pas bunga
    - Daur ulang contohnya : sampah organik yang dapat di buat pupuk

    BalasHapus
  23. Kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari berbagai kegiatan yang bila dikaji lebih dalam semua kegiatan tersebut pasti menemukan suatu permasalahan.Salah satunya adalah permasalahan mengenai sampah. Sampah pada dasarnya memang telah menjadi sebuah masalah yang sangat kompleks,dimana sampah organik atau non-organik telah menghasilkan suatu perbincangan baru tentang dampaknya terhadap hubungan beberapa aspek misalnya saja aspek sosial. Bagaimana tidak sampah menyebabkannya yaitu udara yang dulunya bersih kini menjadi tercemar oleh berbagai macam sampah sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi terganggu.Sampah yang tadinya merupakan hanya sekedar permasalahan dari lingkungan menjadi salah satu persoalan sosial dimana yang dipersoalkan adalah faktor-faktor kesejahteraan masyarakat dan berbagai dampak lainnya. Bagi masyarakat pedesaan, sampah mungkin belum menjadi masalah serius. Tapi, tidak demikian dengan masyarakat yang tinggal di kota atau di daerah padat penduduk. Masyarakat kota dan daerah padat penduduk menghasilkan banyak sekali sampah.Banyaknya sampah yang menumpuk ini kadang-kadang atau malah biasanya tidak segera di buang ke Tempat Pembuangan Akhir. Sampah yang menumpuk menimbulkan bau tidak sedap dan menimbulkan banyak penyakit. Permasalahan sampah yang terjadi saat ini menjadi sangat mengkhawatirkan dimana faktor dari kesadaran akan hidup bersih dan sehat pada sebagian orang terbilang masih rendah. Maka yang akan terjadi sampah akan menggunung dan dan menimbulkan berbagai macam dampak negatif. Ada beberapa hal kreatif dan efektif yang bisa kita lakukan yaitu dengan menerapkan prinsip 4R :
    1. Replace (mengganti) maksudnya mengganti barang barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan.
    2. Reduce (mengurangi) misalnya Membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis.
    3. Re-use (memakai) menggunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai
    4. Recycle (daur ulang) atau menggunakan sisa sampah yang bisa dipakai lagi. Misalnya menggumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang .

    BalasHapus
  24. Yg harus dilakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat yaitu dengan cara melakukan 5M
    1. Mengurangi
    yaitu untuk mengatasi supaya limbah sampah yang kita hasilkan tidak terlalu banyak, kita perlu menghemat penggunaan produk yang kita pakai terlebih lagi bila produk ini menghasilkan sampah yang tidak dapat dipergunakan kembali.
    2. Mendaur Ulang
    Salah satu penanganan limbah sampah yang menjadi sorotan saat ini adalah recycle sampah yang mulanya sampah tersebut tidak bernilai guna setelah di daur ulang memiliki nilai guna dan nilai ekonimis, Contohnya seperti sampah organik bila di daur ulang kembali akan menjadi pupuk yang dapat menyuburkan tanah.
    3. Memakai kembali
    Agar tidak menjadi sampah yang menggunung dan menimbulkan masalah di waktu mendatang ada baiknya untuk memilah diantara barang yang terbuang tersebut untuk di pakai kembali, tidak perlu memakainya seperti fungsi sebelumnya namun bisa dipergunakan kembali untuk keperluan lain, contohnya bungkus mie dapat dimanfaatkan untuk wadah menanam tanaman, kotoran ternak dapat dijadikan pupuk kandang dan botol minuman bisa kita pergunakan sebagai wadah minyak goreng dll.
    4. Mengganti
    Untuk menghindari penumpukan sampah, selain ketiga cara diatas kita dapat mencoba mencari alternativ lain sebagai pengganti produk tertentu yang pemakaiannya sangat singkat dan boros, sebagai contoh, dari pada menggunakan styrofoam sebagai wadah makanan yang pada dasarnya sangat sulit terurai di alam, kita bisa menggunakan alternativ lain yaitu menggunakan wadah makanan lain yang bisa digunakan berulang kali seperti kotak makan.
    5. Menghancurkan
    Kita menyadari tidak semua sampah bisa di kurangi, daur ulang, pakai kembali dan diganti ada beberapa sampah semisal sampah berbahaya yang mengandung limbah B3 harus di musnahkan agar tidak berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Dalam penghancuran sampah yang sudah tidak dapat dimanfaatkan kembali harus ditangani secara baik dan benar. Berbagai cara seperti penetralisiran, hingga dikubur di tempat yang jauh dari permukiman maupun sumber daya alam.

    BalasHapus
  25. Langkah-langkah yang harus kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan menjadi tidak sehat yaitu dengan menyadarkan warga/ masyarakat bahwasannya kebiasaan membuang sampah pada sembarang tempat akan mengakibatkan timbulnya masalah termasuk masalah kesehatan.Untuk itu pemerintah sangat berperan penting sebagai pembuat kebijakan dengan memberikan sangsi tegas kepada warganya apabila ada warganya yg membuang sampah disembarang tempat. DIsamping Itu juga harus melakukan 4R yaitu Replace, Reduce, Re-use, Recycling.
    Penanganan sampah harus dilakukan sebaik mungkin dengan cara mendaur ulang sampah agar dapat menjadi barang yg lebih bermanfaat terutama yg berbahan anorganik.

    BalasHapus
  26. Yang harus kita lakukan supaya sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat adalah dengan melakukan pengelolaan sampah.
    Pengelolaan sampah adalah pengumpulan,pengangkutan,pemrosesan,pendaurulangan,atau pembuangan dari material sampah.
    pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat,cair,gas atau radio aktif dengan metode dan keahlian khusus untuk masing masing jenis zat.
    pengelolaan sampah merupakan proses yang diperlukan dengan tujuan:
    -mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis
    -mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan
    bagi lingkungan hidup.

    BalasHapus
  27. Yang dapat kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan
    membuat lingkungan tidak sehat yaitu dengan tiga sistem
    pengelolaan sampah. Dengan cara kimiawi melalui pembakaran, cara
    fisik melalui pembuangan di TPA, dan cara biologis melalui proses
    kompos. Yang lazim dilakukan untuk sampah dalam jumlah besar
    adalah secara fisik.
    sistem pengelolaan sampah dari rumah-rumah dikumpulkan dan
    disimpan dalam tempat atau kontainer sementara, untuk kemudian
    diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk diolah sebelum
    dibuang.

    sampah yang dibuang harus diolah dulu karena tumpukan sampah yang tidak diolah terlebih dulu dapat mengundang lalat, tikus, pertumbuhan organisme-organisme yang membahayakan, mencemari udara, tanah dan air.

    Penanganan sampah di TPA (sering disebut landfill), yaitu tempat
    pembuangan yang memiliki dasar impermeable (tidak tembus air)
    sehingga sampah yang diletakkan diatasnya tidak akan merembes
    hingga mencemari air dan tanah di sekitarnya.
    Sampah-sampah yang datang diletakkan secara berlapis, dipadat­
    kan, dan ditutupi dengan tanah liat untuk mencegah datangnya hama
    dan menghilangkan bau. TPA umumnya dibuat untuk bisa menam
    ­pung sampah selama jangka waktu beberapa tahun

    BalasHapus
  28. Wahyu Aristian 14410050P
    Penanganan sampah menurut saya adalah dengan memisahkan antara sampah organik dan non organik terlebih dahulu. Kemudian untuk sampah yang organik, jika masih dapat didaur ulang, sebaiknya didaur ulang kembali, dan pada dasarnya sampah yang non organik dapat terurai dengan sendirinya.
    Selain itu perlu adanya regulasi yang mengatur tentang bahan yang digunakan untuk pembuatan plastik atau kemasan-kemasan dalam produk rumah tangga. Bahan yang digunakan haruslah yang bersifat ramah lingkungan, yang dapat hancur dengan sendirinya kurang dari 5 Th.
    Sekarang ini kita dapat melihat untuk tas plastik untuk membawa barang belanja dari sebuah pusat perbelanjaan/supermarket, sudah menggunakan bahan yang lebih ramah terhadap lingkungan.

    BalasHapus
  29. Cara yang dilakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan agar tetap sehat yaitu dengan menjaga lingkungan didalam rumah dan diluar rumah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan mampu memanfaatkan sampah dimulai dari rumah tangga. Sampah dipisahkan antara organik dan anorganik. Selanjutnya sampah organik ditimbun dalam tanah menjadi kompos dan sampah anorganik seperti plastik dan kaleng dapat di daur ulang menjadi alat rumah tangga dan lainnya.
    Ada beberapa yang bisa kita lakukan yaitu dengan menerapkan prinsip 4R :
    1. Replace (mengganti)
    mengganti barang barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan.
    2. Reduce (mengurangi)
    Membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis.
    3. Re-use (memakai)
    menggunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai
    4. Recycle (daur ulang)
    menggunakan sisa sampah yang bisa dipakai lagi. Misalnya menggumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang

    BalasHapus
  30. Yang dapat kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat yaitu dimulai dengan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar melalui penyuluhuan atau promosi kesehatan mengenai dampak sampah yang menggunung akan membuat lingkungan tidak sehat dan menimbulkan banyak penyakit. Kita sebagai tenaga kesehatan wajib menjadi contoh atau role model bagi masyarakat di sekitar kita dalam menjaga lingkungan agar tetap sehat. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan sampah menjadi bahan daur ulang untuk menjadi sesuatu yang berguna. Sehingga dapat mengurangi jumlah sampah dan mengurangi risiko timbulnya lingkungan yang tidak sehat.

    BalasHapus
  31. Beberapa cara  penanggulangan sampah yang dapat dilakukan secara sederhana :
    1. Penumpukan
         Dengan metode ini sampah tidak dimusnahkan secara langsung tetapi dibiarkan membusuk menjadi bahan organik. Metode penumpukan bersifat murah, sederhana, tetapi menimbulkan resiko karena berjangkitnya penyakit menular, menyebabkan pencemaran, terutama bau, kotoran, dan sumber penyakit dai badan-badan air.

    2. Pengomposan
             Cara pengomposan merupakan cara sederhana dan dapat menghasilkan pupuk yang menghasilkan nilai ekonomi.

    3. Pembakaran
        Metode ini dilakukan hanya utuk sampah yang biasa dibakar habis. Harus dilakuakan jauh dari pemukiman untuk menghidari pencemaran asap, bau, dan kebakaran.

    4.Penimbunan
      Metode ini hampir sama dengan metode penumpukan, yaitu cekungan yang telah penuh berisi sampah yang kemudian ditutupi tanah.

    BalasHapus
  32. Yg harus dilakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat yaitu setiap warga harus sadar bahwa kebiasaan membuang sampah d sembarang tempat

    BalasHapus
  33. 1. Replace (mengganti)
    mengganti barang barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan.
    2. Reduce (mengurangi)
    Membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis.
    3. Re-use (memakai)
    menggunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai
    4. Recycle (daur ulang)
    menggunakan sisa sampah yang bisa dipakai lagi. Misalnya menggumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang

    BalasHapus
  34. Rushartini

    Banyak cara yang dapat kita lakukan agar sampah tdk menggunung sehingga kasus di bantargebang dll tdk terulang lagi.Diantaranya:
    a.Mengganti
    maksudnya mengganti barang sehari hari dengan yang ramah lingkungan misalnya bahan bakar,produk rumah tangga,dll
    b.Memakai kembali
    maksudnya menggunakan barang yang bisa dipakai ulang jangan sekali pakai dibuang itu akan menyebabkan penumpukan sampah.
    c.Mengurangi
    maksudnya kita berusaha mngurangi pemakaian bahan yang menimbulkan sampah yang susah hanccur misal kantong plastik dapat diganti kantong kertas,membatasi penggunaan kertas tissu krn itu bahan dasarnya kayu lebih baik saputangan saja bisa dicuci dipakai kembali bukan sekali pakai dibbuang.
    d.Daur ulang
    maksudnya barang yang tdk terpakai jgn dibuang begitu saja,dapat digunakan menjadi benda yang berfungsi kembali misalnya kaleng bekaas makanan dapt digunakan menjadi pot bunga,dll.

    BalasHapus
  35. Yang dapat kita lakukan adalah merubah perilaku hidup kita, dimulai dari diri sendiri dahulu dengan melahirkan kesadaran diri untuk bisa menjaga kebersihan dengan cara mengurangi sampah, mendaur ulang sampah, memakai kembali sampah dan menghancurkan sampah,

    1).Mengurangi sampah
    menghemat penggunaan produk yang menghasilakn sampah.
    2) Mendaur ulang sampah
    sampah yang tidak bernilai guna setelah di daur ulang memiliki nilai guna dan nilai ekonomi, contoh sampah anorganik (plastik detergen dijadikan layangan ataupun tas)
    3) Memakai kembali sampah tersebut
    contonya bungkus plastik belanja dapat di manfaatkan untuk wadah.
    4) menghancurkan sampah
    sampah- sampah yang menumpuk dan berbahaya yang mengandung merkuri, dihancurkan dengan salah 1 cara pembakaran.

    setelah tahapan itu bisa kita jalani baru derajat kesehatan dan kebersihan meningkat.

    BalasHapus
  36. Pendapat saya masalah sampah ini harus diselesaikan secara serius dan benar. Tidak hanya di daur ulang, dipisahkan sesuai jenis dan di jadikan pupuk tapi juga bisa dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik yg bersumber dari sampah. Kita sebagai makhluk yg tinngal di bumi harus menjaga diri kita dan lingkungan kita dari bencana. Karena jika sanapah ini tidak di selesaikan dengan benar dan tepat anak dan cucu kita yg akan menerima dampaknya. Semua berawal dari kesadaran diri masing - masing individu.

    BalasHapus
  37. Apa bila persoalan sampah tidak cepat diselesaikan akan timbul kesehatan lingkungan, terganggunya aktifitas masyarakat, dampaknya akan terjadi bancana alam contohnya banjir. Akan berdampak kepada kesehatan lingkungan, timbul penyakit.

    b. Yang harus kita lakukan adalah dengan menjaga lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, memisahkan jenis sampah organik dan non organik, dapat menjaga kesehatan lingkungan dengan 3m,
    - Menguras tempat-tempat penampungan air bak mandi WC, tempayan, ember, vas bunga, dsb minimal seminggu sekali
    - Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong dan drum.
    - Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, botol, plastik dan tempurung kelapa.
    - Menaburkan bubuk abate atau altosid 2-3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau tempat sulit air.
    - Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
    - Cegah gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat repelant, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi dsb

    BalasHapus
  38. Lia septiana
    NPM 14410032P
    Hadir
    hal yang perlu dilakukan agar sampah tidak menggunung adalah dengan membuang sampah pada tempatnya,dengan membedakan sampah organik dan non organik,memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan dampak apa yang akan terjadi bila kita membuang sampah sembarangan dan membuat galian lubang tempat pembuangan sampah yg jauh dari area penduduk agar lingkungan tetap sehat dan aman

    BalasHapus