Senin, 20 Mei 2013

Macam Macam Pencemaran





Macam-macam pencemaran dapat dibedakan berdasarkan pada tempat terjadinya, macam bahan pencemarnya, dan tingkat pencemaran.
  1. Menurut tempat terjadinya
    Menurut tempat terjadinya, pencemaran dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu pencemaran udara, air, dan tanah.
  2. Menurut macam bahan pencemar
1. Kimiawi; berupa zat radio aktif, logam (Hg, Pb, As, Cd, Cr dan Hi), pupuk anorganik, pestisida, detergen dan minyak.
2. Biologi; berupa mikroorganisme, misalnya Escherichia coli, Entamoebacoli, dan Salmonella       thyposa.
3. Fisik; berupa kaleng-kaleng, botol, plastik, dan karet.
  1. Menurut tingkat pencemaran

    Menurut WHO, tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu (lamanya) kontak. Tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut :
1.Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dan tubuh serta telah menimbulkan kerusakan pada ekosistem lain. Misalnya gas buangan kendaraan bermotor yang
menyebabkan mata pedih.
   2. Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan
menyebabkan sakit yang kronis. Misalnya pencemaran Hg (air raksa)
di Minamata Jepang yang menyebabkan kanker dan lahirnya bayi
cacat.
3. Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besarnya
sehingga menimbulkan gangguan dan sakit atau kematian dalam lingkungan. Misalnya pencemaran nuklir.

Dampak Pencemaran Lingkungan

vPunahnya spesies
vPeledakan hama
vGangguan keseimbangan lingkungan
vKesuburan tanah berkurang
vKeracunan dan penyakit
vPemekatan hayati ( proses peningkatan kadar bahan pencemar yang melewati MH ).
vBerlobangnya lapisan ozon 
vEfek Rumah Kaca

Coba anda tuliskan dampak lain dari pencemaran lingkungan yang lainnya di kolom komentar 
 Untuk materi selanjutnya KLIK DISINI
 

49 komentar:

  1. perkembangan hama yang cepat,keracunan dan penyakit,pemekatan hayati

    BalasHapus
  2. dapat menyebabkan sakit pada manusia seperti penyakit pernafasan, diare, kholera dll

    BalasHapus
  3. Menyebabkan tanah longsor dan banjir

    BalasHapus
  4. Dampak pencemaran lingkungan lainnya adalah timbunan limbah padat dalam jumlah besar yang akan menimbulkan pemandangan yang tidak sedap, kotor dan kumuh. Hal ini sering terjadi pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Serta kaleng bekas, ban dan lain-lainnya bila hujan akan berisi air yang menjadi sarang nyamuk untuk bertelur dan berkembangbiak. Apabila menggigit manusia dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

    BalasHapus
  5. bocornya lapisan mengakibatkan perubahan musim yang tak menentu

    BalasHapus
  6. Menganggu proses tumbuh kembang pada balita.

    BalasHapus
  7. Dampak lain dari pencemaran lingkungan yaitu Gas-gas oksida belerang (SO2 dan SO3) bereaksi dengan uap air, dan air hujan dapat menyebabkan terjadinya
    hujan asam yang dapat merusak gedung-gedung, jembatan, patung-patung sehingga mengakibatkan tumbuhan mati atau tidak bisa tumbuh. Gas karbon monoksida bila terhisap masuk ke dalam paru-paru bereaksi dengan haemoglobin menyebabkan terjadinya keracunan darah.

    BalasHapus
  8. Dampak pencemaran lingkungan :
    -Berpotensi terjadinya hujan asam

    BalasHapus
  9. Zat-zat yang masuk kedalam tanah tersebut sangat berbahaya, karena cenderung untuk mengendap dan berubah menjadi zat beracun di tanah, yang tentu saja berdampak langsung terhadap kehidupan manusia secara langsung, karena pencemaran tanah mampu membuat pencemaran terhadap air dan udara disekitarnya.

    Dampak Pencemaran Tanah bagi kesehatan sudah sangat jelas sekali, seperti mampu mengakibatkan Leukemia, kerusakan ginjal, keracunan hati, gangguan saraf otot, gangguan sistem saraf pusat, sakit kepala, iritasi pada mata dan kulit, dan bahkan mampu menyebabkan kematian.

    BalasHapus
  10. * Pembakaran bahan bakar minyak dan batubara pada kendaraan bermotor dan industri menyebabkan naiknya kadar CO2 di udara.
    * Akibat lain yang ditimbulkan pencemaran udara adalah terjadinya hujan asam. Jika hujan asam terjadi secara terus menerus akan menyebabkan tanah, danau, atau airsungai menjadi asam. Keadaan itu akan mengakibatkan tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di dalamnya terganggu dan mati. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem dan kehidupan manusia.

    BalasHapus
  11. Dampak pencemaran lingkungan lainnya adalah ;
    - terjadinya hujan asam
    - pola iklim dunia menjadi berubah
    - Permukaan laut menjadi naik, sebagai akibat cairnya es dikutub sehingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam.

    BalasHapus
  12. Dampak Pencemaran Air
    Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Apabila air telah tercemar maka kehidupan manusia terganggu. Ini merupakan bencana besar. Hampir semua mahluk hidup dimuka bumi ini memerlukan air. Apabila air sudah tercemar, maka dapat menyebabkan kerugian bagi umat manusia. Air yang sudah tercemar oleh limbah industri, rumah tangga dan lain-lain tidak dapat dipergunakan, karena udah tercemar. Apabila digunakan dapat menimbulkan berbagai penyakit menular

    BalasHapus
  13. Dampak lain dari pencemaran lingkungan yaitu dapat mengakibatkan gangguan ekosistem dan membahayakan mahluk hidup,naiknya kadar CO2 di udara da dapat mengakibatkan pencemaran udara sehingga terjadi hujan asam.

    BalasHapus
  14. Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi, dsb, sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroorganisme.

    Gas di udara yang di dapatkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara apabila bereaksi dengan gas nitrogen oksida dan air hujan, yang menyebabkan disebut hujan asam,
    Selain itu dampak lainnya dari pencemaran lingkungan adalah peyakit pernafasan, terganggunya tumbuh kembang, terganggunya pertumbu8han pada tumbuhan, terganggunya keseimbangan ekologi, keracunan dan penyakit, dll.

    BalasHapus
  15. timbunan limbah padat dalam jumlah besar yang akan menimbulkan pemandangan yang tidak sedap, kotor dan kumuh. Hal ini sering terjadi pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau dump station menyebabkan pemandangan sekitar terlihat kurang enak dipandang dan mempengaruhi psikis penduduk sekitar.




    BalasHapus
  16. Dampak Pencemaran Lingkungan terhadap makhluk hidup semakin hari terus bertambah. Dampak Negatif yang merugikan kesehatan terutama untuk tubuh manusia menimbulkan penyakit dan berbagai macam permasalahan.
    Baik penyakit yang langsung dirasakan maupun penyakit yang timbul karena akumulasi bahan polutan dalam tubuh manusia.

    BalasHapus
  17. perubahan musim yang tak menentu
    Permukaan laut menjadi naik, sebagai akibat cairnya es dikutub sehingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam.

    BalasHapus
  18. - Gangguan kesehatan, hingga kematian
    - Limbah mengakibatkan pemandangan yang tidak sedap, kotor dan kumuh
    - Gangguan keseimbangan ekosistem

    BalasHapus
  19. Dampak lain contohnya adalah terjadinya perubahan musim yang tidak menentu, mencairnya es di kutub, terjadi kekumuhan akibat banyaknya sampah, hujan asam dan keseimbangan ekologi terganggu.

    BalasHapus
  20. dampak pencemaran lingkungan yang lainnya adlha:
    Efek rumah kaca yangdapat menyebabkan suhu lingkungan menjadi naik secara global, atau lebih dikenal dengan pemanasan global. Akibat pemanasan global ini, pola iklim dunia menjadi berubah. Permukaan laut menjadi naik, sebagai akibat mencairnya es di kutub sehingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam. Keadaan tersebut akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem dan membahayakan makhluk hidup, termasuk manusia.
    Akibat lain yang ditimbulkan pencemaran udara adalah terjadinya hujan asam. Jika hujan asam terjadi secara terus menerus akan menyebabkan tanah, danau, atau air sungai menjadi asam. Keadaan itu akan mengakibatkan tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di dalamnya terganggu dan mati. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem dan kehidupan manusia.

    BalasHapus
  21. Pencemaran lingkungan berakibat terhadap kesehatan manusia,tata kehidupan, pertumbuhan flora dan fauna yang berada dalam jangkauan pencemaran.

    BalasHapus
  22. gangguan terhadap proses tumbuh kembang pada makhluk hidup, terjadi kenikan suhu yang akhir-akhir ini semakin panas, perubahan iklim, kenaikan air laut.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Dampak lain dari pencemaran lingkungan a.l :
    * hujan asam akibat dari pembakaran sampah plastik
    * wabah penyakit diare akibat pembuangan sampah sembarangan
    * bencana banjir akibat dari pembuangan sampah sembararangan sehingga menyebabkan tersumbatnya saluran drainage

    BalasHapus
  25. Dampak lain dari pencemaran lingkungan antaralain: terganggunya ekosistem, muncul bibit-bibit penyakit baru, gangguan terhadap keseimbangan alam.

    BalasHapus
  26. Global Warming yaitu peningkatan suhu Bumi secara bertahap karena rusaknya lapisan ozon yang tercemar oleh polusi udara (CO dan CO2). Lapisan ozon yang berada di atmosfer terluar bertugas untuk mengatur suhu di Bumi. Sehingga, sinar matahari yang masuk akan diseleksi dan diambil sebagiannya kemudian dipantulkan kembali ke luar Bumi

    BalasHapus
  27. Dampak pencemaran lainnya :
    Global Warming (pemanasan global)akibat pencemaran udara dan efek rumah kaca yg akan memperparah rusaknya lapisan ozon, kemudian dapat berakibat terjadinya hujan asam yang akan berpengaruh lansung dengan kehidupan tumbuhan dan kualitas semua makhluk hidup di bumi.

    BalasHapus
  28. Damapak pencemaran yang lainnya adalah:
    - Pemanasan global akibat pencemaran zat freon
    - Akibat pencemaran itu yang lain adalah terjainta hujan asam dan mencairnya es dikutup menjadikan permukaan air laut naik

    BalasHapus
  29. 1. keseimbangan ekosistem terganggu
    2. hujan asam
    3. ozon berlubang
    4. iklim tak menentu
    5. dst............

    BalasHapus
  30. hujan asam, perubahan musim,terganggunya tumbuh kembang, terganggunya pertumbu8han pada tumbuhan, terganggunya keseimbangan ekologi, keracunan dan penyakit

    BalasHapus
  31. Damapak lain dari pencemaran lingkungan yaitu pencemaran air, asap, menipisnya lapisan ozon, limbah yang berbahaya, pemanasan global, polusi udara, dan hujan asam

    BalasHapus
  32. Dengan pemanasan global yg diakibatkan ozon berlubang menyebabkan es dikutub mencair, sehingga air makin bertambah, dlm jangka panjang dapat mengakibatkan tenggelamnya pulau bahkan samudera , bukan hanya hewan dan tumbuhan yg dapat punah bahkan populasi manusia dpt terancam punah

    BalasHapus
  33. dampak lain drpd pencemaran lingkungan adlh tidak ada nya kesimbangan ekosistem, flora, fauna, dan timbul nya Global warming yg disebabkan oleh pencemaran lingkungan..

    BalasHapus
  34. Damapak pencemaran yang lainnya adalah:
    1.Pola iklim dunia menjadi berubah
    2.Wabah penyakit diare akibat pembuangan sampah sembarangan
    3.Bencana banjir akibat dari pembuangan sampah sembarangan di aliran sungai.
    4.Terjadinya hujan asam.
    5.Global Warming (pemanasan global)akibat pencemaran udara dan efek rumah kaca yg akan memperparah rusaknya lapisan ozon.

    BalasHapus
  35. Dampak lain pencemaran:
    1.Timbunan limbah di sekitar lingkungan mengakibatkan pemandangan yang tidak sedap,bau tidak sedap, pemukiman menjadi kumuh dan mengakibatkan gangguan psikis bagi manusia yg tinggal di sekitarnya.
    2.Genangan air pada kaleng2 bekas maupun sampah yg dapat menampung air menjadi tempat berkembangbiaknya vektor pembawa penyakit

    BalasHapus
  36. dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti:diare
    dilingkungan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan seperti tanah longsor

    BalasHapus
  37. Dampak dari pencemaran lingkungan lainnya, antara lain adalah ;
    1. Terjadinya hujan asam
    2. Perubahan cuaca hingga tidak dapat di prediksi
    3. Pemanasan global
    4. Angka kejadian penyakit menular meningkat
    dll....

    BalasHapus
  38. Unsur-unsur lingkungan,mengalami perubahan kehidupan habitat. Tanaman yang semula hidup cukup subur menjadi gersang dan digantikan dengan tanaman lain. Jenis binatang tertentu yang semula berkembang secara wajar beberapa tahun kemudian menjadi langka, karena mati atau mencari tempat lain.

    Kondisi kesehatan manusia juga menunjukkan perubahan; misalnya, timbul penyakit baru yang sebelumnya tidak ada.Kondisi air, mikroorganisme, unsur hara dan nilai estetika mengalami perubahan yang cukup menyedihkan.

    BalasHapus
  39. Pemanasan global

    BalasHapus
  40. Dampak lain dari pencemaran lingkungan yaitu dapat menyebabkan terjadinya hujan asam yang tentunya sangat berbahaya bagi kehidupsn di muka bumi ini.

    BalasHapus
  41. Dampak pencemaran lingkungan lainnya adalah ;

    1. terjadinya hujan asam
    2. pola iklim dunia menjadi berubah
    3. Permukaan laut menjadi naik, sebagai akibat cairnya es dikutub sehingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam.
    4. Tidak ada nya kesimbangan ekosistem, flora, fauna, dan timbul nya Global warming yg disebabkan oleh pencemaran lingkungan..

    BalasHapus
  42. Dengan pemanasan global yg diakibatkan ozon berlubang menyebabkan es dikutub mencair, sehingga air makin bertambah, dlm jangka panjang dapat mengakibatkan tenggelamnya pulau bahkan samudera , bukan hanya hewan dan tumbuhan yg dapat punah bahkan populasi manusia dpt terancam punah

    BalasHapus
  43. Akibat lain yang ditimbulkan pencemaran udara adalah terjadinya hujan asam. Jika hujan asam terjadi secara terus menerus akan menyebabkan tanah, danau, atau air sungai menjadi asam. Keadaan itu akan mengakibatkan tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di dalamnya terganggu dan mati. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem dan kehidupan manusia.

    BalasHapus
  44. Dampak dari pencemaran lingkungan yang lain adalah tidak ada nya kesimbangan ekosistem, flora, fauna, dan timbul nya Global warming yg disebabkan oleh pencemaran lingkungan.

    BalasHapus
  45. a. Dampak Pencemaran Udara : Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara ternyata sangat merugikan. Pencemaran tersebut tidak saja berakibat langsung terhadap manusia, tapi berpengaruh juga terhadap lingkungan alam.
    b. Dampak Pencemaran Air : Air yang sudah tercemar oleh limbah industri, rumah tangga dan lain-lain tidak dapat dipergunakan, karena udah tercemar. Apabila digunakan dapat menimbulkan berbagai penyakit menula
    c. Dampak Pencemaran Daratan :
    -. Dampak Langsung
    timbunan limbah padat dalam jumlah besar yang akan menimbulkan pemandangan yang tidak sedap, kotor dan kumuh
    -. dampak tidak langsung
    Dampak yang dirasakan secara tidak langsung akibat pencemaran daratan adalah apabila kaleng bekas, ban dan lain-lainnya bila hujan akan berisi air yang menjadi sarang nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak. Apabila menggigit manusia dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit-penyakit di bawah ini disebabkan oleh nyamuk, yaitu :
    1) Penyakit Pes
    2) Penyakit Kaki Gajah
    3) Penyakit Malaria
    4) Penyakit Demam Berdarah

    BalasHapus
  46. Dampak lain pencemaran lingkungan yaitu pencemaran air tanah dan sungai, pencemaran udara perkotaan, kontaminasi tanah oleh sampah, hujan asam, perubahan iklim global, penipisan lapisan ozon, kontaminasi zat radioaktif, dan sebagainya.

    BalasHapus
  47. Dampak pencemaran lingkungan lainnya adalah ;
    1. Wabah penyakit bagi seluruh mahluk hidup
    2. Kontaminasi zat radioaktif
    3. Permukaan laut menjadi naik, sebagai akibat cairnya es dikutub sehingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam.
    4. Tidak ada nya kesimbangan ekosistem, flora, fauna, dan timbul nya Global warming yg disebabkan oleh pencemaran lingkungan
    5. Terjadinya hujan asam
    6. pola iklim dunia menjadi berubah
    7. Penipisan lapisan ozon

    BalasHapus
  48. Lita Bonita Gautama

    Dampak dari pencemaran lingkungan lainnya adalah :
    Pembakaran bahan bakar minyak dan batubara pada kendaraan bermotor dan industri menyebabkan naiknya kadar CO2 di udara. Gas ini juga dihasilkan dari kebakaran hutan, yang akan berkumpul di atmosfer Bumi. Jika jumlahnya sangat banyak, gas CO2 ini akan menghalangi pantulan panas dari Bumi ke atmosfer sehingga panas akan diserap dan dipantulkan kembali ke Bumi. Akibatnya, suhu di Bumi menjadi lebih panas. Keadaan ini disebut efek rumah kaca (green house effect). Selain gas CO2, gas lain yang menimbulkan efek rumah kaca adalah CFC yang berasal dari aerosol, juga gas metan yang berasal dari pembusukan kotoran hewan.

    Efek rumah kaca dapat menyebabkan suhu lingkungan menjadi naik secara global, atau lebih dikenal dengan pemanasan global. Akibat pemanasan global ini, pola iklim dunia menjadi berubah. Permukaan laut menjadi naik, sebagai akibat mencairnya es di kutub sehingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam. Keadaan tersebut akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem dan membahayakan makhluk hidup, termasuk manusia.
    Akibat lain yang ditimbulkan pencemaran udara adalah terjadinya hujan asam. Jika hujan asam terjadi secara terus menerus akan menyebabkan tanah, danau, atau air sungai menjadi asam. Keadaan itu akan mengakibatkan tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di dalamnya terganggu dan mati. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem dan kehidupan manusia.

    BalasHapus